Viral!!! Virus Ransomware Wanna Cry Mengincar PC Berbasis Windows

0
156
Ilustrasi Gambar (pixabay.com)

Virus Ransomware Wanna Cry tidak hanya mengintai Indonesia, namun juga sebanyak 99 negara ditetapkan terinfeksi Ransomware Wanna Cry. Seperti dilansir dari DW. Wanna Cry atau Wanna Decryptor mulai menyerang sejumlah negara di Dunia sejak Jum’at (13/5). Sejak saat itu Indonesia sendiri yang telah terinfeksi virus Wanna Cry menyerang dua RS yaitu Rumah Sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita. Sejak saat itulah serangan Ransomware mendadak Viral di Indonesia. Namun, setelah dipastikan hanya Rumah Sakit Dharmais yang positif diserang virus tersebut.

Ransomware adalah bentuk malware yang menyerang sistem komputer yang mengunci dan mengengkripsi seluruh file, kecuali pengguna memilik deskripsi virus dari pemilik virus tersebut dengan tebusan sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin.

Untuk meminimalisir kemungkinan PC kita mendapat serangan Wanna Cry Ransomware ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti :

  1. Non aktifkan Jaringan Cabut Kabel LAN / Disconnect dari Wi-Fi
  2. Lakukan Back-Up Data dan Simpan di Drive Offline seperti HDD External dsb.
  3. Update Antivirus yang anda gunakan
  4. Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct. Lihat : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
  5. Jangan mengaktifkan fungsi Macros
  6. Non Aktifkan fungsi SMB V1
  7. Block 139/445 & 3389 Ports
  8. Ulangi, selalu backup file – file penting di komputer anda dan simpan backupnya ditempat lain.

Bagi yang telah terinfeksi untuk saat ini belum ada solusi pasti menangangani serangan Virus ini, untuk itu alangkah baiknya melakukan tindakan diatas untuk meminimalisir terjaring oleh Virus tersebut.