Menuju Penataan Tempat Wisata Pantai Karang Bolong

89
Sadevah Soemarna (tim Jampang Media), Bendi Aktivis Pecinta Alam (penggagas penataan pantai karang bolong), dan tokoh masyarakat Desa Sukatani meninjau Pantai Karang Bolong yang akan ditata.

JAMPANGMEDIA.COM,- Pantai Karang Bolong di Sukabumi Selatan, tepatnya terletak di Desa Sukatani Kecamatan Surade dan desa Cidahu Kecamatan Cibitung. Pantai Karang Bolong memiliki keindahan yang tidak kalah dengan tempat lain. Dengan gagasan dan rencana masyarakat setempat, Objek wisata yang belum terurus ini, sekarang menuju penataan.

Bendi, Aktivis Pecinta Alam mengatakan, Saat ini pemerintah Desa belum bisa menggerakan rencana untuk melakukan penataan wisata Karang bolong. Tapi, apabila masyarakat sinergi melakukan kerjasama dengan Pemerintah Desa, mungkin gagasan-gagasan untuk penataan objek wisata ini bisa segera dilakukan. Kata Bendi di Pantai Karang Bolong Surade, Selasa (14/3/2018).

Tapi, sebenarnya Kepala Desa juga pernah menyampaikan, bahwa Pemerintah Daerah akan memberikan bantuan untuk penataan wisata ini, sebagaimana yang sudah kami rencanakan. Tinggal keseriusan masyarakat dan pemuda setempat yang akan menjalankannya, dengan dorongan dan dukungan dari Pemerintah Desa. Ungkap Bendi.

Bendi juga menjelaskan, Rencana paling depan dan sudah kami ajukan, yaitu pembangunan jembatan untuk menghubungkan Kecamatan Surade dengan wilayah Kecamatan Cibitung yang berada di bibir pantai Karang Bolong. Disini belum ada jembatan, padahal ini merupakan penyebrangan aktif yang digunakan masyarakat.

Rencana Pembangunan Jembatan diutamakan, karena apabila cuaca ekstrem, air disungai naik setinggi pinggang orang dewasa. Dan, karena tidak ada alternative lain untuk menyebrang sungai, warga, anak sekolah dan guru kesulitan menyebrang disini.

Sadevah Soemarna (tim Jampang Media) bersama Bendi Aktivis Pecinta Alam (penggagas penataan pantai karang bolong) menunjukan lokasi penyebrangan yang akan dibangun jembatan.

Kami juga berencana akan melakukan penanaman pohon cemara dan mangrove, yang mungkin juga akan dihiasi buah markisa disini. Lalu, karena disini tidak terjangkau jaringan seluler, kami juga ingin ada tower jaringan seluler ditempat ini. Selain itu, kami ingin mendirikan sebuah tower pantau setinggi 100 meter, untuk bisa melihat atau meneropong benua Australia. Ucap Bendi (penuh garap).

Sandi, Pemuda setempat menambahkan, Banyak gagasan-gagasan untuk menata wisata pantai karang blong. Tapi, Gagasan ini kembali ke masyarakat sekitar dan Pemerintah. Kemi berharap, perjuangan yang selama kita lakukan jangan sampai sia-sia.

Keindahan alam yang diberikan oleh Allah ini, patut kita syukuri dengan cara memolesnya untuk membuat banyak orang tertarik mengunjunginya, dan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Tambahnya.