Mengisi Liburan ke Curug Bibijilan Nyalindung Sukabumi

43

JAMPANGMEDIA.COM,- Curug Bibijilan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menjadi favorit masyarakat sekitar Jawa Barat dan Jakarta. Sensasi menjelajah ke Gua Buni Ayu yang seru dan menyenangkan di lanjutkan dengan mengunjungi curug yang airnya memancar keluar dari batu-batuan kapur besar akan memberikan Anda sebuah pengalaman yang amat berkesan.

Nama bibijilan berasal dari bahasa Sunda yang artinya bermunculan, sesuai dengan penampakan air yang seolah terus memancar keluar dari dalam perut bumi. Air curug ini berasal dari dalam Gua Buniayu yang mengalir bertingkat-tingkat membentuk air terjun.

Curug Bibijilan terletak di Dusun Lebak Nangka, sebuah dusun di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Untuk bisa sampai di lokasi Anda bisa berangkat menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkot menuju ke Nyalindug Jampang. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Buni Ayu. Anda bisa berhenti di Tugu Campus Rindu Alam kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 2 km menuju lokasi.

Atau bisa juga berangkat dari Sukabumi menuju ke Sagaranten. Kemudian masuk ke gapura yang bertuliskan Gua Buniayu Perhutani yang ada di sisi kiri jalan. Selanjutnya Anda masih harus berjalan kaki menyusuri kawasan hutan pinus sejauh 1,5 km hingga sampai di pos penjagaan gua, nah dari sana jaraknya sudah sangat dekat ke lokasi curug.

harus hati-hati saat melewati jalan-jalan setapak yang ada di tengah hutan pinus. Terlebih pada saat sehabis hujan karena biasanya jalan akan menjadi sangat licin dan becek. Perhatikan langkah Anda agar tidak tergelincir. Dari pinggiran tebing curug sudah bisa terlihat, namun Anda harus hati-hati jika ingin berjalan ke tepi untuk melihat-lihat.
Demikian perjalannku hari ini mengisi liburan bersama keluargaku..di curug bibijilan. ***Deva Soemarna***