Camat Jampangkulon, Dedi Suryana, saat menyaksikan PLT Desa Mekarjaya, Dadun, S.IP pada pengukuhan Karang Taruna Printis Mandiri kepada Ketua Dudus Darusalam

Jampangmedia.com- Camat Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Dedi Suryana, telah mengkukuhkan Karang Taruna Printis Mandiri, Desa Mekarjaya, melalui pelatihan pada rabu (9/8/2017) pekan lalu.

Pengukuhan yang dilakukan Camat Jampangkulon terhadap Karang Taruna Printis Mandiri, Desa Mekarjaya tersebut, salah satu bentuk suport dan apresiasi pada kinerja positif. Kinerja yang dilakukan pihak Karang Taruna Printis Mandiri Desa Mekarjaya, Jampangkulon, patut diapresiasi pada setiap kegiatannya.

“Kita sudah dua tahun berjalan di Karang Taruna Mekarjaya. Ada sekitar 30 anggota Karang Taruna Printis Mandiri. Alhamdulillah kegiatan yang kita jalani selama dua tahun berjalan sangat diterima madyarakat desa Mekarjaya,” ucap Ketua Karang Taruna Printis Mandiri, Dudus Darussalam, kepada jampangmedia.com, rabu (9/8/2017) pekan lalu.

Lanjut Dudus, Karang Taruna sudah mewacanakan dan fokus pada bidang usaha. Dalam waktu dekat ini pihaknya sudah mewacanakan untuk mencoba dibidang usaha seperti Steam, (pencucian”reed”) dan Pangkas Rambut, yang dibawah naungan Karang Taruna Printis Mandiri, tentunya.

“Ya, kita coba fukus dulu didua bidang usaha itu, untuk jarak dekat. Untuk jangka panjang kita lebih ke pemberdayaan organisasi, kontrol sosial, masyarakat, serta pengawasan terhadap penyelenggaraan pembangunan yang ada diwilayah Desa Mekarjaya,” jelasnya.

Dudus menambahkan, keberadaan Karang Taruna harus menjadi alat diteksi dalam kiprahnya dimasyarakat. Misalkan adanya penyalahgunaan narkoba, penyimpangan karakter dikalangan pemuda, jadi Karang Taruna harus paling awal mengetahui dan meski jadi garda terdepan dalam menjujung tinggi perdamaian.

Terpisah, menurut Pejabat Sementara dan Pelaksana Tugas Harian (PLT) Desa Mekarjaya, Dadun mengatakan, alhamdulillah etos kerja Karang Taruna Printis Mandiri, Desa Mekarjaya, sangatlah positif keberadannya. Semua lembaga sudah berjalan baik selama dua tahun kepemimpinannya di Desa Mekarjaya tersebut.

“Saya semenjak ditugaskan di Desa Mekarjaya, pada tanggal 15 pebruari 2016 semua berjalan cukup baik. Lalu pada tanggal 21 Juli 2016, SK Karang Taruna disahkan. Dan kiprahnya dimasyarakat maupun Desa Mekarjaya, saat ini cukup positif dan sangat membantu,” pungkasnya.

A. Hoer J-Media