Curug Cirajeg Purabaya, Keindahan Yang Tersembunyi

182
Curug Cirajeg Purabaya ||foto Sadevah Soemarna

JAMPANGMEDIA.COM,- Curug Cirajeg, air terjun yang berada diwilayah administratif Kabupaten Sukabumi, tepatnya diperbukitan Dusun Cirajeg, Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya. belakangan ini ramai dibicarakan netizen, dan terus tersebar di media sosial. Dusun Cirajeg berjarak sekitar 8 Km dari pasar purabaya, dengan waktu tempuh sekitar 25 menit menggunakan sepeda motor.

||foto Sadevah Soemarna

“akses untuk menuju air terjun ini lumayan cukup sulit. Karena setelah masuk dari pasar Purabaya, pengunjung harus melalui Kondisi jalan yang cukup buruk di area perkebunan. “semakin dalam menggunakan jalur ini, kondisi jalan semakin mengkhawatirkan untuk tiba di Desa Neglasari”. Sadevah Soemarna, pengunjung curug cirajeg.

Selain berada cukup jauh dengan permukiman warga, Pengunjung harus melewati Jalan perbukitan yang masih dibatu, licin dan berlumpur, apabila musim hujan. Namun, hal itu tidak boleh mejadikan patah semangat pengunjung. Karena pengunjung akan disugungkan dengan keindahan air terjun yang berada dianatara pesawahan. Tutur Sadevah Soemarna.

Setelah pengunjung sampai di lapangan cukup luas disebelah kiri jalan yang berada di area perkebunan dusun Cirajeg, berarti air terjunnya sudah dekat. Setelah melewati lapangan, pengunjung akan menemui pemukiman warga, yang kemudian melanjutkan perjalanan melalui pematang sawah.

Untuk sampai di lokasi air terjun, butuh waktu sekitar 20 menit jalan kaki dari pemukiman warga. Curug Cirajeg berada diantara pesawahan yang cukup luas. kalau pengunjung datang waktu sawah belum panen, warna putih air terjun yang terlihat sangat jelas diantara sawah yang hijau, akan membuat betah menikmati keindahan tersebut.

||foto Sadevah Soemarna

Curug Cirajeg dapat diklasifikasikan ke dalam tipe air terjun Block Waterfall, yang berada di sebuah Sesar besar membentuk air terjun. Hal itu dibuktikan dengan bentuk dinding air terjun yang terlihat memiliki garis horizontal sedikit miring, terlihat dari kejauhan.

Jika diklasifikasikan, walaupun tidak sempurna, air terjun Cirajeg termasuk kepada Horsetail Waterfall Tiered Waterfall. Serta, Curug Cirajeg juga termasuk kedalam air terjun semi permanen, batuan dinding Curug Cirajeg termasuk jenis yang tahan terhadap erosi, karena tidak ada kolam di bawahnya.