Banjir Bandang Terjang Ciwidey : Meluapnya Debit Air Karena Penyempitan

0
127

Bandung, 03 Mei 2017. Tragedi Banjir Nusantara kembali meratakan perumahan Warga Ciwidey Bandung. Banjir terjadi pada sekitar pukul 15:00 WIB ini diduga karena meluapnya debit air di Sungai Ciwidey sehingga mengakibatkan tekanan air meningkat, sehingga menyebabkan Banjir Bandang yang sampai menghayutkan 5 rumah warga sekitar.

Hujan yang mengguyur begitu deras memenuhi sungai dan menekan ke segala arah. Isu yang beredar banjir yang terjadi kali ini disebabkan oleh Pengalihan Fungsi Lahan di Hulu.

Berikut adalah cuplikan Video yang di Unggah oleh Sutopo Purwo Nugroho di akun Twitter nya

Masalah lain nya menurut Narasumber yang dilansir oleh Detik.comĀ Yudha, telah terjadi sedimentasi penyempitan aliran Sungai yang hanya memiliki panjang 20 km dan lebar 5 m. Sungai tersebut berhulu di Gunung Patuhi, Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu. “Itu yang menyebabkan terjadinya banjir bandang, karena kapasitas air tidak bisa tertampung,” Ujar sang Narasumber yang dilansir oleh Detik.com

Selain penyempitan sungai, Yudha sang Narasumber juga melihat bagian sempadan sungai didirikan banyak bangunan. Menurut Narasumber, hal tersebut juga perlu diperhatikan. Oleh lembaga – lembaga terkait.